Peringati BKSN 2019, SMPK St. Arnoldus Oeekam Gelar Perlombaan

oleh -881 views
Untuk memperingati Bulan KItab Suci Nasiaonal (BKSN) 2019, SMP Swasta St. Arnoldus Oeekam mengadakan kegiatan ekstra kurikuler, seperti pertandingan Futsal (putra-putri) dan beberapa jenis perlombaan, seperti Mazmur, kuis Kitab Suci dan baca Kitab Suci

TTS, suluhdesa.com – Dalam rangka memperingati Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2019, SMP Swasta Katolik St. Arnoldus Oeekam mengadakan kegiatan ekstra kurikuler, seperti pertandingan futsal (putra-putri) dan beberapa jenis perlombaan, seperti bernyanyi Mazmur, kuis Kitab Suci dan baca Kitab Suci.

Kegiatan ini bertempat di halaman SMP Swasta Katolik St. Arnoldus Oeekam, Desa Oeekam, Kecamatan Amanuban Timur, Kab. Timor Tengah Selatan, Provinsi NTT pada Sabtu (7/9/2019) silam.

Kegiatan ini  dibuka oleh ketua Yayasan Swasti Sari Keuskupan Agung Kupang Pelaksana Wilayah Timor Tengah Selatan, RD. Blasius Ujan, di sela-sela rapat awal tahun pelajaran 2019/2020 yang dihadiri semua orang tua peserta didik SMP Swasta Katolik St. Arnoldus Oeekam di auditorium sekolah St. Arnoldus.

Baca Juga:  Siswa SDK Waiwadan Belajar di Rumah, Wali Kelas Datangi Murid

“Semoga dengan kegiatan ini, siswa dan tenaga pendidik, khususnya yang beragama katolik mempunyai semangat untuk terus membaca Kitab Suci.” Tegas Romo Blasius.

Lebih jauh Romo ade mengatakan, Kitab Suci bukan hanya sebuah tulisan belaka, namun merupakan Firman Tuhan yang menjadi suluh atau terang bagi semua umat.

Kegiatan ini langsung dikoordinir oleh Yohanes Gale, S.Pd selaku Pembina OSIS.

Para siswa dibagi dalam lima kelompok. Masing-masing kelompok diberi nama sesuai nama penulis Injil. Kelompok I (St. Matius), Kelompok II (St. Markus), kelompok III (St. Lukas), kelompok IV (St. Yohanes) dan kelompok V ( St. Arnoldus) yang merupakan santo pelindung sekolah. Masing-masing kelompok didampingi dua guru pembimbing.

Baca Juga:  KURE, Tradisi Kuno di Noemuti; Riwayatmu Kini (Bagian 2)

Di tempat yang sama, Rm. Herman Y.N.D Poylado,Pr.S.Fil, selaku kepala SMP Swasta Katolik St. Arnoldud Oeekam menjelaskan jikalau kegitan ini juga diikuti oleh para tenaga kependidikan yaitu lomba membaca Kitab Suci, agar menjadi panutan bagi para peserta didik.

Rm. Herman dalam sambutannya menegaskan juga bahwa kegitan ini merupakan kegiatan untuk pembelajaran karakter dan membangun literasi siswa.

Baca Juga:  Idul Fitri 1441 H, Momen Tumbuhkan Solidaritas dan Persaudaraan Antar Agama

Kegiatan ini berlangsung dari tangggal 7 September sampai tanggal 28 September 2019.

Kegiatan BKSN akan ditutup dengan lomba tarik tambang yang diikuti oleh orang tua peserta didik dari setiap kelompok.

Rm. Herman berharap, dengan kegiatan ini juga lebih membangun kerja sama antara sekolah dan orang tua yang adalah komite sebagai mitra sekolah.

Tema bulan Kitab Suci Nasional tahun ini adalah : Mewartakan Kabar Gembira di Tengah Krisis Lingkungan Hidup. Pihak sekolah juga mengajak seluruh siswa untuk menjaga dan melestarikan alam. (Yohanes Gale/Yoga)