25 Anggota DPRD Malaka Dilantik, Warga Berharap Kinerja Yang Baik

oleh -530 views
Sebanyak 25 anggota DPRD Malaka periode 2019-2024 telah dilantik secara resmi dalam sidang paripurna di Aula Glory Hall Betun,Senin (9/9/19)

MALAKA, suluhdesa.com – Sebanyak 25 anggota DPRD Malaka periode 2019-2024 telah dilantik secara resmi dalam sidang paripurna di Aula Glory Hall Betun,Senin (9/9/19). Dari 25 orang tersebut 16 diantaranya wajah baru alias baru pertama kali menempati kursi yang hangat nan empuk.

Mereka diharapkan untuk bisa membangun kinerja yang baik di DPRD Kabupaten Malaka lima tahun ke depan karena masyarakat telah menggantungkan hak dan suara di atas pundak dari 25 anggota dewan tersebut.

Janji mereka telah dicatat, pin Emas telah disematkan di dada, ikrar sumpah dan janji telah diucapkan dan saatnya untuk menyuarakan aspirasi rakyat.

Salah seorang warga Betun, Hilarius Wau, mengatakan jiklau suara rakyat adalah suara Tuhan (Vox Populi Vox Dei) telah disematkan didada dan pundak DPRD agar dalam mengemban tugas dan fungsi harus sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kami mengharapkan kepada anggota DPRD yang baru dilantik bekerjalah sesuai dengan aspirasi rakyat. Kurangi jajan dan jalan-jalan, karena di atas pundakmu, kami telah meletakan hak dan suara kami. Bekerjalah yang konsisten dan selalu komit untuk memperjuangkan hak-hak rakyat terutama kaum proletar,” ungkapnya.

Salah seorang aktivis PMKRI Malaka, Jhon Seran Suri, berharap terhadap dewan yang baru agar lebih getol dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya yaitu dibidang anggaran (Budgeting), pengawasan (Controling), dan membuat aturan (Regulation).

Baca Juga:  DPMD Provinsi NTT Gelar Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

“Momentun sumpah dan janji mereka telah ikrarkan hari ini di hadapan ketua pengadilan dan disaksikan oleh masyarakat Malaka pada umumnya. Kami berharap ikrar yang telah diucapkan tidak hanya sekedar lip service tetapi konsisten dan komitmen yang harus dijalankan sesuai fungsi dan tugas pokok yang ada sesuai dengan harapan masyarakat. Jadi masyarakat sekarang butuh bukti bukan janji,” tuturnya.

Salah seorang pemerhati sosial, Yosman Seran, mengatakan bahwa momentum pelantikan DPRD yang ada tidak dirayakan sebagai sebuah ajang serimonial saja tetapi harus memaknai momen ini sebagai amanah rakyat yang harus dijalankan dalam jangka waktu lima tahun mendatang.

“Sebagai masyarakat, tentunya berharap agar kesejahteraan dan kebaikan bersama (bonum commune) menjadi titik tolak aspirasi masyarakat yang siap dan harus diutamakan,” harapnya.

Ketua DPRD sementara Adrianus Bria seran dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah beserta jajaran, pimpinan Forkompinda, dan seluruh masyarakat Kabupaten Malaka yang sudah memberikan dukungan dan kerjasama yang terjalin selama ini.

“Kita mengucapkan selamat kepada 25 anggota DPRD Malaka yang hari ini telah bersumpah dan berjanji sebagai representasi dari rakyat agar bersama-sama bekerja untuk membangun daerah ini yang lebih baik,” katanya.

Baca Juga:  Paket SN-KT di Malaka Datang Membawa Kebebasan

Ia berharap kepada anggota dewan yang baru saja dilantik agar selalu bersinergi dengan pemerintah guna memberantas kemiskinan dan ketertinggalan bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan dan kesejahteraan masyarakat di bawah misi besar kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran.

“Ini menjadi perjuangan besar untuk mengatasi masalah yang ada. Namun tugas dan fungsi sebagai anggota legislatif harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat karena suara rakyat adalah suara Tuhan,” katanya.

Pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD terpilih pada hakikatnya merupakan tekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dengan berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Harapan saya wakil rakyat terpilih harus menghindari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme. Masing-masing kita harus menjaga dengan menciptakan komunikasi yang baik serta menjaga keamanan
dengan menjunjung konsep yang ada dari, oleh, dan untuk rakyat serta selalu membangun kemitraan. Kita saling mendukung antara lembaga legislatif dan eksekutif sehingga bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Untuk diketahui kursi DPRD Malaka sekarang didominasi oleh pendatang baru sebanyak 16 orang sedangkan petahana sebanyak sembilan orang.

“Mari kita bekerjasama untuk membangun daerah Malaka ini lebih baik lagi agar bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat,” katanya.

Baca Juga:  Kapolres Malaka Melantik Lima Kepala Satuan

Sedangkan DPRD yang terpilih lagi, Delvy Hermin Ndolu, mengungkapkan jika akan memperjuangkan aspirasi rakyat melalui tupoksi yang ada yaitu fungsi anggaran, pengawasan dan legislasi.

“Jadi, Saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, partai dan masyarakat Malaka sehingga saya terpilih lagi menjadi anggota dewan dan tentu saja akan memperjuangkan aspirasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan kepada anggota DPRD yang baru agar bekerja secara maksimal sesuai tugas dan fungsi yang ada tentunya harus melalui proses adaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga bisa bersinergi bersama lembaga eksekutif agar berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat.

Sementara salah seorang DPRD terpilih dari dapil III Malaka, Adrianus N.Teiseran kepada Media ini berkata bahwa sebagai pendatang baru di lembaga legislatif tentu memiliki spirit dan harapan yang baru bagi rakyat dengan mengontrol keputusan dan kebijakan yang diambil sehingga tepat pada sasaran.

“Menjadi anggota DPRD itu bukan hanya sekedar dekat dengan rakyat, tetapi harus berpihak kepada rakyat, setiap kebijakan yang dibuat oleh eksekutif harus mengakomodir kepentingan rakyat, termasuk pengalokasian anggarannya harus tepat sasaran, sehingga mampu membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan ekonomi masyarakat Malaka. (edi/edi)