Untuk Soverdi Yang Berusia 144 Tahun

oleh -450 views
Foto milik http://www.svdbiblecentre.org

KATA HATI, suluhdesa.com – Terima Kasih Pater Santo Arnoldus Yansen Dan Pater Santo Yosef Freinademetz.

Pater Santo Arnoldus Yansen dan Pater Santo Yosef Freinademetz yang saya cintai.
Terima kasih atas karya agung dengan mendirikan SVD 144 Tahun lalu. Terima kasih kepada Pater Santo Yosef Freinademetz yang berani memberi diri menjadi misionaris pertama di Cina.

Pater Santo Arnoldus Yansen yang kucintai. Berkat karyamu yang Maha Agung mendirikan SVD dan mengirim para imammu ke seluruh penjuru dunia dan khususnya ke Indonesia, kami pun terbebas dari kebodohan. Kedatangan imam-imam SVD yang engkau utus ke tanah misi mengikuti jejak Pater Santo Josef Freinademetz telah memungkinkan bangsa kami terbebas dari kebodohan.

Betapa tidak, misionaris SVD yang engkau utus ke Timor, Flores, Sumba dan Bali telah mengangkat derajat dan harkat serta martabat kami sebagai manusia. Sebab dimana SVD memijakkan kaki disitu para misionaris mendirikan sekolah, karena mereka tahu, tidak mungkin orang bodoh mengerti firman Tuhan.

Baca Juga:  Musyawarah Pastoral IV Keuskupan Agung Kupang Resmi Dihelat

Di Timor dan Flores misionaris SVD telah mendirikan sekolah sejak tahun 1900-an. SD tempat saya menimba ilmu, di lereng gunung Inerie, kampung Maghilewa, Desa Inerie, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada, NTT baru saja merayakan Ulang Tahun satu abad. Misionaris SVD mendirikan sekolahku itu pada 1 Agustus 1919.

Gereja di Timor, Flores, Sumba, Bali dan Lombok tumbuh dan berkembang karena sentuhan cinta dan pengabdian misionaris SVD. Gereja di Bali, Lombok dan Sumbawa juga keberadaannya karena SVD.

Baca Juga:  TERESA AVILA; Feminis Gender, Membidani Kelahiran Buku Bagi Gereja untuk Belajar Doa

Seminari-seminari yang berusia setengah Abad lebih seperti Seminari Yohanes Berchman Mataloko, Seminari San Dominggo Hokeng, Seminari Lalian Timor, Seminari Pius XII Kisol dan Seminari Roh Kudus Tuka adalah buah karya nyata dari para misionaris SVD. Seminari Tinggi Ledalero, Seminari Tinggi Ritapiret juga adalah buah karya nyata misionaris SVD. Sejumlah sekolah SD, SMP, SMA, SPG, juga didirikan oleh misionaris SVD. Sejumlah Universitas terkemuka juga didirikan SVD.

Para misionaris SVD juga mendirikan rumah sakit, karya sosial, percetakan, penerbitan buku, perkebunan, sekolah pertukangan, kursus dan sebagainya. Rasanya karya SVD sungguh telah mengubah wajah kehidupan sosial ekonomi masyarakat NTT, Bali dan NTB.

Karena itu di usia yang ke-144 hari ini 8 September 2019, kiranya tak berlebihan bila kami merunduk sejenak, berdoa bagi para misionaris dan para imam SVD yang berkarya di Keuskupan dan Paroki kami. Dan kami pun berterima kasih atas jasa besar para misionaris SVD. Kami harus akui, kebodohan yang melilit masyarakat Timor, Flores, Sumba, Sumbawa, Lombok dan Bali dapat dientaskan karena kehadiran SVD.

Baca Juga:  Keuskupan Denpasar Tuan Rumah Lokakarya Produksi Radio Pewartaan Katolik

Kami berhutang kebaikan dari para misionaris SVD dan para anggota SVD yang saat ini berkarya di Paroki kami masing-masing. Terima kasih Pater Arnoldus Yansen, terima kasih Pater Josef Freinademetz, terima kasih misionaris SVD dan terima kasih para imam dan Bruder SVD yang kini berkarya di wilayah gerejawi Nusa Tenggara, Jawa dan tempat lainnya di Indonesia. Dirgahayu ke- 144 Serikat Sabda Allah. (Agust G Thuru/Agust)