Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Penting Bagi Wartawan

oleh -140 views

Kupang, SULUHDESA.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur mengadakan kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia bagi para wartawan di Kota Kupang. Penyuluhan Bahasa Indonesia ini dihadiri 50 wartawan dalam jaringan (daring) pada hari Rabu (14/8/19) bertempat di hotel Amaris Kota Kupang.

Pengkaji Kebahasaan dan Kesastraan Kantor Bahasa NTT, Salimulloh Tegar Sanubarianto menyampaikan, dalam penulisan paragraf, untuk satu paragraf minimal memiliki dua kalimat, yakni kalimat topik dan kalimat pengembang.

Baca Juga:  Peduli Terhadap Wartawan, Tim Covid-19 Malaka Barat Bagikan Masker

“Ada lima macam paragraf, yakni paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi dan argumentasi. Namun, yang sering digunakan dalam tulisan wartawan adalah paragraf narasi,” urai Salimulloh.

Fritz salah seorang peserta kegiatan penyuluhan menyampaikan apresiasi kepada Kantor Bahasa NTT karena materi yang dipaparkan sangat mudah dipahami dan sesuai dengan bidang kerjanya.

“Penyuluhan Bahasa Indonesia sangat bermanfaat karena wartawan memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan contoh kepada masyarakat tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk setiap penulisan berita, judul, sebelum disajikan ke publik. Selain ini merupakan bentuk literasi kepada masyarakat,” ujar Frits.

Baca Juga:  Romo Deken Malaka Disomasi Empat Wartawan

Sementara itu para wartawan media daring terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti materi yang disampaikan para nara sumber. Suasana semakin asyik dan menarik ketika Salimulloh membuat sebuah permainan dengan meminta para jurnalis menyebutkan satu kata per orang untuk membentuk kalimat sehingga menjadi sebuah paragraf. (Mar)