Pertanian di Desa Sinar Sari yang Menjadi Sektor Paling Menguntungkan Desa

oleh -314 views
Padi ladang di Desa Sinar Sari (Foto: Tribunnews.com)

SULUHDESA.COM – Sektor pertanian merupakan satu diantara potensi unggulan yang memberi kontribusi paling besar terhadap perekonomian warga masyarakat desa Sinar Sari, kecamatan Kelapa, kabupaten Bangka Barat. Kurang lebih sebanyak 447 KK yang tergabung kedalam 20 kelompok tani desa memanfaatkan lahan-lahan yang luas untuk ditanami berbagai jenis varian tanaman, seperti padi ladang, sayur-sayuran, buah-buahan hingga jenis obat-obatan. Melalui peran pemerintah desa, banyak sekali pelatihan-pelatihan yang bertujuan memberikan tambahan pengetahuan dan pemahaman kepada warga yang mayoritas tergabung kedalam kelompok tani desa bagaimana teknik dan proses penanaman yang benar, hingga seperti apa klasifikasi dari tanaman tersebut yang akan membantu produktivitas hasil tanam.

Baca Juga:  Budi Daya Pisang Di Kabupaten Malaka Sangat Menguntungkan

Khoirullah selaku Kepala Desa Sinar Sari sangat komitmen mendukung upaya para kelompok pertanian di Desa Sinar Sari maupun kelompok masyarakat lainnya yang berkomitmen dalam mendukung program-program pemerintah desa. Untuk itulah segala kebutuhan yang diperlukan mereka sebisa mungkin akan diupayakan realisasinya oleh Pemerintah Desa Sinar Sari.

Sejak tahun lalu pemerintah desa melalui peran aktif pemberdayaan masyarakat, selain seringnya melakukan berbagai pelatihan maupun bantuan-bantuan seperti keperluan pertanian di Desa Sinar Sari. Sedikitnya ada 100 bibit batang durian berbagai jenis seperti Namlum, Tembaga, Musang King, Putri Dewa yang sudah disemai hingga siap tanam, dan 1000 batang serai wangi dan bibit sorgum untuk coba dikembangkan di desa ini sehingga program pemanfaatan potensi pertanian di Desa Sinar Sari juga bisa terealisasi dan mengimbangi desa-desa lain yang sudah terlebih dahulu menikmati hasil manis dari sektor potensi pertanian ini.