Mirip dengan Raja Ampat, Desa Bahari di Buton Selatan Kini Menjadi Lirikan Para Wisatawan

oleh -700 views
Pantai bahari di Desa Buton Selatan (Foto: panoramapulaubutonrizalkamaru.wordpress.com)

SULAWESI TENGGARA, suluhdesa.com – Keindahan wisata Bahari di Sulawesi Tenggara memang tidak perlu diragukan lagi. Bumi Anoa ini memiliki garis pantai dengan pasir putih yang cukup panjang dan menakjubkan bagi setiap pecinta travelling.

Salah satunya adalah wisata pantai di kabupaten Buton selatan (Busel), yaitu pantai desa Bahari yang terletak di Desa bahari, Kecamatan Sampolawa. Lokasi wisata Desa Bahari di Buton Selatan ini terdiri dari batu krust yang membentuk pulau kecil dan menyerupai Raja Ampat di Papua.

Jarak dari kota Baubau menuju lokasi wisata ini sekitar 51,2 km dengan jarak tempuh 1 sampai 2 jam. Sepanjang perjalanan menuju Desa Bahari di Buton Selatan, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan mata sebab kondisi hutan dan alam sekitar masih terjaga dengan baik.

Baca Juga:  Kades Wehali; Warga yang Terima Bantuan Jangan Beli Miras dan Judi

Keindahan pantai Bahari ini dapat kamu nikmati dengan naik ke puncak bukit desa Bahari. Dari ketinggian, bongkahan batu krust yang terkikis karena abrasi pantai membentuk gugusan pulau kecil dapat terlihat jelas bersama bentangan laut biru serta pasir putihnya.

Selain itu, dari pantai bongkahan batu krust ini membentuk terowongan kecil jika dilihat dari beberapa sudut pandang. Spot ini pun menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengabadikan satu jepretan kamera.

Baca Juga:  Pemda Ende Launching BLT, Tiga Desa Ini Sampaikan Apresiasi

Pemerintah setempat sudah membangun sejumlah fasilitas seperti gazebo dan jalur tracking di bawah pepohonan kelapa sekitar pantai Bahari. Saat ini pengunjung yang datang ke pantai Desa Bahari di Buton Selatan belum dikenakan tarif masuk lokasi wisata.

Tak jauh dari lokasi wisata, desa Bahari ditinggali masyarakat yang memiliki aktivitas pembuatan kapal, selain berdagang maupun nelayan. Aktivitas pembuatan kapal dapat menjadi tontonan tersendiri bagi pengunjung yag datang ke pantai desa Bahari. (*)