Kesehatan di Desa Petungroto yang Perlu Ditingkatkan

oleh -287 views
Ilustrasi (Foto: Tribunnews.com)

SULUHDESA.COM – Derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kediri masih perlu ditingkatkan, mengingat angka kematian ibu dan anak masih cukup tinggi. Begitu juga dengan penyakit musiman seperti demam berdarah. Meskipun sudah sering dilakukan penyuluhan dan perilaku hidup sehat sejak dini, namun berbagai masalah kesehatan, utamanya di desa-desa pelosok masih banyak terjadi dan tidak segera mendapatkan perawatan akibat terbatasnya tenaga kesehatan yang ada di desa-desa, seperti yang terjadi di Desa Petungroto, Kecamatan Mojo.

Baca Juga:  Kurangnya Kesadaran Kesehatan di Desa Tarogong

Untuk penanganan terhadap penyakit-penyakit yang mungkin diderita oleh penduduk Desa Petungroto, diadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis oleh para tenaga kesehatan di Desa Petungroto. Di dalam kegiatan tersebut, hadir pula Haryanti Sutrisno untuk terjun langsung memeriksa kondisi kesehatan penduduk Desa Petungroto. Salah satu warga desa yang mendapat perhatian dari Haryanti mengenai kesehatan di Desa Petungroto adalah Kodri (89) yang terkena katarak. Dengan detail Haryanti menyampaikan kepada Rahmadi, anak Kodri, tentang langkah-langkah yang harus diambil oleh pihak keluarga untuk mengobati Kodri.

Sementara itu, antusiasme penduduk Desa Petungroto terhadap kegiatan ini sangat besar. Lebih dari 150 warga, dari muda hingga yang tua, berbondong-bondong datang untuk diperiksa secara cuma-cuma. Mulai dari cek tekanan darah, pemeriksaan oleh dokter, dan pemberian obat. Untuk keluhan, rata-rata adalah batuk menahun dan pegal linu. “Melihat kondisi Kesehatan di Desa Petungroto, mungkin yang perlu diperhatikan adalah sanitasi dan ventilasi di setiap rumah. Oleh karena itu, pendidikan tentang kesehatan dan kebersihan lingkungan sejak dini perlu ditanamkan, tidak hanya di rumah tapi juga di sekolah,” tutur Haryanti.