Gunung Api Purba Wisata Desa Nglanggeran, Yogyakarta

oleh -302 views
Gunung Api Purba
Gunung Api Purba Wisata Desa Nglanggeran, Yogyakarta (Foto: Jogja.Tribunnews.com)

SULUHDESA.COM – Gunung batu besar di bawah kaki bukit menjadi destinasi utaman para wisatawan. Gunung Nglanggeran tersusun oleh material vulkanik tua, dan ditumbuhi lumutan yang jika dilihat dari jauh seperti batu-batu purbakala. Tidak hanya objek tersebut, nikmati juga jelajah alam menyusuri jalan setapak di tengah wisata Desa Nglanggeran dan inilah petualangan kamu. Gunung Api Purba yang juga disebut sebagai Gunung Gedhe merupakan spot wisata yang sangat digemari bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualangan.

Untuk menuju puncak Gunung Gedhe, pengunjung harus melewati medan yang terjal dan juga menantang. Puncak dari Gunung Api Purba Nglanggeran berada di ketinggian 700 mdpl. Puncak tersebut menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati momen sunrise yang sering diburu para pecinta mentari pagi. Untuk menuju Gunung Api Purba wisata Desa Nglanggeran, kamu rata-rata membutuhkan waktu sekitar 50-60 menit dari pusat kota Yogyakarta. Selain menikmati momen sunrise, kamu juga dapat melakukan beberapa kegiatan lain di Gunung Api Purba Nglanggeran.

Baca Juga:  Negeri di Atas Awan, Wisata Desa Dieng Kulon, Banjarnegara

Di sekitar Gunung Api Purba wisata Desa Nglanggeran dapat dijumpai embung yang merupakan bangunan berupa kolam seperti telaga di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Embung dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu berfungsi menampung air hujan untuk mengairi kebun buah kelengkeng, durian, dan rambutan di sekeliling embung. Pada musim kemarau, para petani bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah. Pengunjung bisa naik ke embung dengan tangga. Sampai di embung, kamu bisa melihat matahari terbenam dan melihat gunung api purba di seberang embung.